Monday 12 September 2022

PELAYANAN KESEHATAN DAN KEPERAWATAN DI SINGAPURA

 

PELAYANAN KEPERAWATAN DAN KESEHATAN DI SINGAPURA


Singapura telah mencapai perawatan kesehatan universal dengan sistem campurannyaProgram asuransi utama nasionalMediShield Lifememberikan pembayaran sekaligus dalam jumlah besar untuk kecelakaan yang melibatkan rumah sakit dan jalan terbukaPasien membayar premideductiblecoinurancedan biaya pada saat klaimSecara umumMediShield Life tidak menanggung biaya priming atau asuransi khusus untuk daging mentah dan obat-obatanMediShield Life mencakup subsidi pemerintah serta rekening tabungan medis MediSaveyang dapat membantu masyarakat umum dalam membayar layanan medis seperti inap panas mentah dan layanan terkaitSelain ituorang dapat membeli asuransi kesehatan universal atau menerimanya melalui majikanPemerintah pusat memiliki pemahaman yang lemah tentang sistem lunas.

Bagaimana cara kerja cakupan kesehatan universal?

Sistem pembiayaan perawatan kesehatan Singapura didukung oleh keyakinan bahwa semua pemangku kepentingan berbagi tanggung jawab untuk mencapai cakupan kesehatan universal yang berkelanjutan. Singapura memiliki kerangka pembiayaan perawatan kesehatan multipembayar, di mana satu episode pengobatan mungkin ditanggung oleh beberapa skema dan pembayar, seringkali tumpang tindih. Sistem, yang dikenal sebagai 3M, terdiri dari program-program berikut:

 

·         MediShield Life, asuransi perawatan kesehatan dasar universal, wajib bagi warga negara dan penduduk tetap dan memberikan perlindungan seumur hidup terhadap tagihan rumah sakit yang besar dan perawatan rawat jalan tertentu yang mahal. Diluncurkan pada tahun 2015 untuk menggantikan MediShield, skema asuransi penyakit katastropik opt-out.

 

·         MediSave, skema tabungan medis nasional, membantu menutupi pembayaran langsung. Kontribusi gaji pribadi dan pemberi kerja (8%–10,5%, tergantung pada usia) ke akun MediSave adalah wajib untuk semua warga negara yang bekerja dan penduduk tetap. Rekening bebas pajak dan berbunga (saat ini 4% hingga 5%) dapat digunakan untuk membayar biaya perawatan kesehatan anggota keluarga.

 

 

·         MediFund adalah jaring pengaman pemerintah bagi warga Singapura yang membutuhkan yang tidak dapat menutupi pengeluaran mereka sendiri, bahkan dengan MediSave.

Peran pemerintah: Misi Kementerian Kesehatan adalah untuk mempromosikan kesehatan yang baik dan mengurangi penyakit, memastikan akses ke perawatan kesehatan yang baik dan terjangkau, dan mengejar keunggulan medis. Kementerian Kesehatan bertanggung jawab untuk mengatur sistem kesehatan masyarakat dan sistem perawatan kesehatan secara keseluruhan.

Pemerintah bergantung pada persaingan dan kekuatan pasar untuk meningkatkan layanan dan meningkatkan efisiensi tetapi melakukan intervensi langsung ketika pasar gagal menekan biaya perawatan kesehatan.3 Misalnya, Kementerian Kesehatan melakukan perencanaan tenaga kerja untuk menentukan jumlah profesional perawatan kesehatan yang dibutuhkan, mengkoordinasikan kapasitas pelatihan, dan menentukan ketersediaan lahan untuk pembangunan rumah sakit dan fasilitas perawatan kesehatan lainnya.4 Kementerian juga memastikan bahwa kebutuhan populasi jangka panjang terpenuhi melalui investasi yang berkelanjutan, terutama dalam perawatan pencegahan dan berbasis masyarakat.5

 

Kementerian Kesehatan telah memusatkan fungsi-fungsi tertentu untuk mencegah fragmentasi dan mendorong skala ekonomi. Organisasi nasional yang memiliki fungsi penting antara lain sebagai berikut:

 

·         MOH Holdings, perusahaan induk untuk institusi perawatan kesehatan masyarakat. Juga menangani pembangunan infrastruktur dan koordinasi pengembangan tenaga dan bakat untuk sistem kesehatan nasional. Anak perusahaan MOH Holdings meliputi:

1.      Layanan Informasi Kesehatan Terpadu, yang mengintegrasikan, memberikan, dan mengelola sistem teknologi informasi di semua institusi perawatan kesehatan masyarakat.

2.      Badan Perawatan Terpadu, yang mengoordinasikan dan memfasilitasi penempatan individu dengan penyedia masyarakat, memungkinkan penyedia masyarakat melalui pengembangan layanan dan pengembangan kemampuan, dan mengelola beberapa skema subsidi.6 Pada tahun 2018, badan tersebut juga ditugaskan untuk mengoordinasikan pemberian layanan lansia. layanan perawatan di kedua domain kesehatan dan sosial.

·         Agency for Care Effectiveness, lembaga penilaian teknologi kesehatan nasional Singapura, yang memberikan panduan tentang obat dan perawatan yang hemat biaya.

·         Otoritas Ilmu Kesehatan, yang mengatur pembuatan, impor, pasokan, penyimpanan, penyajian, dan iklan produk kesehatan untuk memenuhi standar keamanan, kualitas, dan kemanjuran yang sesuai.

·         Dewan Promosi Kesehatan, bertanggung jawab untuk mempromosikan hidup sehat di Singapura. Dewan merumuskan kebijakan kesehatan, menerapkan program promosi kesehatan dan pencegahan penyakit (seperti untuk kesehatan sekolah dan kesehatan tempat kerja), dan bekerja dengan mitra industri untuk produk makanan yang lebih sehat.

·         Dewan Dana Penyedia Pusat, yang mengelola skema MediSave dan MediShield Life atas nama Kementerian Kesehatan.

 

Peran asuransi kesehatan masyarakat:

Pengeluaran kesehatan nasional Singapura mencapai 4,47 persen dari PDB pada tahun 2016.7 Antara 2009 dan 2016, bagian pengeluaran kesehatan pemerintah meningkat dari sekitar 32 persen menjadi 41 persen karena peningkatan subsidi publik, yang dimaksudkan untuk membantu mengurangi biaya-biaya sendiri.8 Sejalan dengan itu, bagian pengeluaran kesehatan sendiri turun dari 43 persen menjadi 31 persen. Rata-rata inflasi perawatan kesehatan tahunan Singapura adalah 2,6 persen, dibandingkan dengan 2,3 persen untuk semua barang dan jasa, antara tahun 2007 dan 2017.9

 

Premi MediShield Life disubsidi oleh pemerintah berdasarkan pendapatan. Selain itu, penduduk usia kerja membayar premi yang lebih tinggi sehingga penduduk yang lebih tua dapat memperoleh kenaikan premi yang lebih rendah. Fitur-fitur ini membantu menjaga premi tahunan tetap terjangkau, mulai dari SGD 98 (USD 72)10 untuk warga Singapura berpenghasilan rendah di bawah usia 20 hingga SGD 1,530 (USD 1.117) untuk penduduk berpenghasilan tinggi di atas usia 90,11 Untuk memudahkan transisi dari MediShield lama premi skema yang lebih rendah (dengan batas usia dan pengecualian mereka yang memiliki penyakit yang sudah ada sebelumnya) ke premi yang lebih tinggi dari MediShield Life, yang memberikan perlindungan seumur hidup, penerima manfaat dengan kondisi serius yang sudah ada sebelumnya membayar premi 30 persen lebih tinggi untuk 10 tahun pertama, setelah itu mereka membayar premi standar yang sama dengan rekan-rekan mereka yang berisiko rendah.12 Selama lima tahun pertama MediShield Life, pemerintah meredam dampak membawa penerima manfaat dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya ke dalam skema dengan menyerap sekitar 75 persen dari biaya, yaitu sekitar SGD 850 juta (USD 621 juta).13

 

Pemerintah menyediakan berbagai subsidi lain untuk membantu membuat perawatan lebih terjangkau:

 

Di rumah sakit umum, pasien dapat memperoleh subsidi dengan memilih bangsal dengan fasilitas lebih sedikit. Misalnya, pasien yang dirawat di bangsal kelas C, yang merupakan kamar dengan delapan tempat tidur, menerima subsidi hingga 80 persen dari tagihan rumah sakit mereka untuk penerimaan tersebut. Sebaliknya, kamar single occupancy kelas A tidak disubsidi. Perawatan klinis tidak dipengaruhi oleh kelas bangsal.

Kunjungan layanan primer di klinik umum, yang dikenal sebagai poliklinik, disubsidi hingga 75 persen, dengan biaya yang berbeda berdasarkan status kependudukan.

Kunjungan rawat jalan spesialis dapat disubsidi hingga 75 persen, tergantung pada tingkat pendapatan dan status tempat tinggal pasien.

Layanan darurat di rumah sakit umum disubsidi secara merata untuk semua.

Subsidi juga diberikan kepada pasien yang membutuhkan perawatan menengah dan jangka panjang setelah keluar dari rumah sakit, serta kepada orang lanjut usia yang tinggal di komunitas yang membutuhkan bantuan untuk kehidupan sehari-hari. Subsidi diuji kemampuan berdasarkan pendapatan rumah tangga atau nilai tempat tinggal pasien (bagi mereka yang tidak memiliki pendapatan). Pasien dapat menerima hingga 75 persen subsidi untuk layanan perumahan dan hingga 80 persen subsidi untuk layanan non-perumahan jika mereka menerima perawatan dari penyedia yang disetujui oleh Kementerian Kesehatan.14 Tersedia hibah tunai dan subsidi tambahan dari pemerintah untuk layanan konsumsi dan transportasi tersedia untuk pasien yang membutuhkan bantuan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Skema Bantuan Kesehatan Masyarakat, untuk masyarakat berpenghasilan rendah hingga menengah, memberikan subsidi yang dapat digunakan di dokter umum (GP) swasta dan klinik gigi. Sekitar 1,2 juta warga Singapura berada dalam skema tersebut, dan mereka menerima perawatan bersubsidi di lebih dari 1.000 dokter umum dan 700 klinik gigi.15 Pada tahun 2018, pemerintah menyalurkan sekitar SGD 152 juta (USD 111 juta) dalam bentuk subsidi di bawah Skema Bantuan Kesehatan Masyarakat kepada sekitar 630.000 orang Singapura.16

 

Subsidi perawatan kesehatan pemerintah didanai dari pajak umum dan didasarkan pada prinsip-prinsip keseimbangan fiskal dan keterjangkauan.

 

Pemerintah juga telah memperkenalkan langkah-langkah untuk melengkapi akun MediSave Singapura. Misalnya, pekerja berpenghasilan rendah menerima top-up untuk membantu mereka menabung untuk kebutuhan perawatan kesehatan pensiun mereka.17 Pemerintah juga memberikan top-up tahunan ke rekening MediSave orang lanjut usia yang memenuhi syarat dan memberikan hibah MediSave kepada bayi baru lahir sebesar SGD 4,000 (USD 2.940) untuk membiayai sebagian dari biaya perawatan bayi orang tua mereka.

 

Peran asuransi kesehatan swasta:

 Pasien yang ingin mendapatkan pertanggungan tambahan untuk rumah sakit swasta atau perawatan di bangsal swasta di rumah sakit umum dapat membeli asuransi swasta. Cakupan yang paling umum adalah melalui Integrated Shield Plans, yang menggunakan MediShield Life dan hanya tersedia untuk warga negara dan penduduk tetap dengan MediShield Life. Mulai tahun 2017, 68 persen warga negara dan penduduk tetap memiliki salah satu dari paket ini.18 Berbeda dengan manfaat standar MediShield Life, Paket Perlindungan Terintegrasi yang berbeda menawarkan manfaat yang berbeda. Premi untuk paket ini dapat dibayar untuk menggunakan MediSave, tunduk pada berbagai batasan dan peraturan.

 

Pemegang Integrated Shield Plan juga dapat membeli pengendara asuransi yang memberikan perlindungan pelengkap tambahan; pengendara ini biasanya memberikan cakupan dolar pertama dengan baik dikurangkan tahunan atau copayment nol. Premi untuk pengendara tidak dapat dibayar dengan MediSave.

 

Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi peningkatan yang lebih tajam dalam premi Integrated Shield, terutama untuk pengendara tanpa pembayaran bersama, sebuah tren yang sebagian besar mencerminkan peningkatan klaim asuransi rumah sakit swasta.20 Untuk mengatasi kekhawatiran tentang penggunaan layanan yang berlebihan dan tentang pengisian yang berlebihan, Kementerian Kesehatan telah mensyaratkan bahwa pengendara Rencana Perisai Terpadu baru memiliki pembayaran bersama minimal 5 persen dengan batas tahunan untuk pembayaran bersama.

 

Ada juga pilihan asuransi swasta, yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi nirlaba, yang tidak terintegrasi dengan MediShield Life. Premi untuk opsi asuransi lain ini tidak dapat dibayar dari MediSave. Banyak pengusaha juga memberikan tunjangan kesehatan kepada karyawan mereka.

 

Karena banyaknya pilihan asuransi yang tersedia, mungkin ada berbagai tingkat duplikasi pertanggungan oleh MediShield Life, tunjangan pemberi kerja, dan asuransi kesehatan pribadi.

Layanan yang tercakup: Layanan yang tercakup dalam MediShield Life adalah:

 

·         perawatan dan perawatan rawat inap, termasuk operasi, radiosurgery, dan transplantasi sumsum tulang

·         operasi siang hari

·         rawat inap di rumah sakit jiwa

·         perawatan rawat jalan yang dipilih, termasuk dialisis ginjal dan kemoterapi dan radioterapi untuk kanker

·         beberapa obat jangka panjang yang mahal, seperti imunosupresan setelah transplantasi organ.

MediShield Life tidak menanggung biaya operasi kosmetik atau persalinan (termasuk operasi caesar), dengan pengecualian perawatan untuk komplikasi serius yang berkaitan dengan kehamilan dan persalinan.

 

Jumlah maksimum yang dapat diklaim dari MediShield Life tergantung pada batas klaim, yang bervariasi menurut jenis perawatan dan lama rawat inap. Batas klaim maksimum per tahun polis ditetapkan sebesar SGD 100.000 (USD 73.000); tidak ada batasan seumur hidup.

 

Warga Singapura diharapkan untuk membayar sisa biaya perawatan kesehatan mereka (setelah subsidi pemerintah dan pembayaran MediShield Life) dari akun MediSave mereka atau dari kantong sendiri. MediSave dapat digunakan untuk membayar banyak layanan, termasuk perawatan kronis, perawatan bersalin, perawatan kesuburan, perawatan hospice dan paliatif, dan layanan rehabilitasi harian.

 

Batas penarikan dari rekening MediSave memastikan bahwa warga Singapura memiliki cukup rekening tersebut untuk kebutuhan perawatan kesehatan dasar di hari tua. Batas penarikan cukup untuk memastikan bahwa sebagian besar biaya yang dikeluarkan untuk perawatan rawat jalan dan perawatan di bangsal rawat inap bersubsidi ditanggung. Batas penarikan telah dinaikkan untuk mengimbangi kenaikan biaya.

 

Pembagian biaya dan pengeluaran sendiri: Di ​​bawah MediShield Life, penduduk memiliki pengurangan tahunan sebesar SGD 1.500 hingga SGD 3.000 (USD 1.095–2.190) dan coinurance sebesar 3 persen hingga 10 persen (dengan persentase coinurance menurun sebagai jumlah yang dapat diklaim meningkat).23 Untuk perawatan rawat jalan saat ini, ada 10 persen coinurance.

 

Pembayaran (lihat tabel di bawah) telah menjadi fitur integral dari sistem perawatan kesehatan Singapura sebagai cara untuk mempertahankan tanggung jawab individu atas kesehatan seseorang, serta disiplin penyedia dan sistem yang berkaitan dengan biaya perawatan kesehatan. Pasien membayar langsung sebagian dari biaya layanan, dan membayar lebih ketika mereka menuntut tingkat layanan yang lebih tinggi.

 

Jaring pengaman: Kombinasi subsidi pemerintah, MediShield Life, dan MediSave telah memungkinkan tujuh dari 10 tagihan bersubsidi untuk dibayar penuh tanpa pengeluaran tunai oleh pasien. Dari 30 persen tagihan yang tersisa, sepertiganya memerlukan pembayaran pasien sebesar SGD 100 (USD 73) atau kurang secara tunai, dan sepertiga lainnya membebankan pasien sebesar SGD 100 hingga SGD 500 (USD 73–365).

 

MediFund adalah dana abadi yang dibentuk oleh pemerintah pada tahun 1993 yang berfungsi sebagai jaring pengaman bagi warga Singapura yang membutuhkan bantuan lebih lanjut dengan komponen tunai yang tersisa dari tagihan perawatan kesehatan mereka di institusi perawatan kesehatan publik, setelah asuransi dan MediSave. Cakupan MediFund telah ditingkatkan selama bertahun-tahun untuk mencakup lebih banyak rawat jalan dan perawatan berbasis masyarakat serta untuk memberikan bantuan yang lebih tepat sasaran kepada anak-anak yang kurang beruntung dan orang tua.

 

Selama tahun-tahun surplus anggaran, pemerintah menambah jumlah pokok, mendistribusikan kembali manfaat pertumbuhan ekonomi kepada warga Singapura yang membutuhkan. Langkah ini telah memungkinkan peningkatan pendaftaran di MediFund, yang memberikan bantuan sekitar SGD 150 juta (USD 110 juta) pada tahun 2017, naik dari SGD 4,7 juta (USD 3,4 juta) pada tahun 1993

 

BAGAIMANA SISTEM PENGIRIMAN DIATUR DAN BAGAIMANA PENYEDIA DIBAYAR?

Pendidikan dokter dan tenaga kerja: Singapura memiliki tiga sekolah kedokteran, yang semuanya merupakan bagian dari universitas negeri. Pengajaran klinis dilakukan hampir secara eksklusif di institusi perawatan kesehatan masyarakat. Pemerintah mengatur jumlah dokter dengan memvariasikan jumlah penerimaan ke fakultas kedokteran sesuai dengan proyeksi kebutuhan. Pipa dokter dilengkapi dengan dokter terlatih asing. Pemerintah mengatur masuknya dokter-dokter ini dengan menyesuaikan daftar sekolah kedokteran luar negeri yang disetujui

 

Antara 2012 dan 2018, total penerimaan tahunan mahasiswa kedokteran ke tiga universitas lokal meningkat sekitar 40 persen. Biaya kuliah disubsidi besar-besaran: biaya tahunan bersih untuk warga negara Singapura sekitar SGD 29.000 hingga 33.000 (USD 21.000 hingga 24.000) untuk program sarjana kedokteran lima tahun, atau SGD 47.000 (USD 34.000) untuk program pascasarjana empat tahun.29 Setelah lulus, semua mahasiswa kedokteran diharuskan bekerja di sistem perawatan kesehatan masyarakat selama empat hingga lima tahun.

 

Pada 2018, Singapura memiliki 13.766 praktisi medis terdaftar, dengan hampir dua pertiga di sektor publik. Ini berarti sekitar 2,4 dokter per 1.000 orang, meningkat signifikan dari 1,9 pada tahun 2012. Sekitar 41 persen dokter adalah dokter spesialis.

 

Perawatan primer: Perawatan primer diberikan melalui poliklinik umum dan dokter umum swasta. Saat ini terdapat 20 poliklinik dan lebih dari 2.200 klinik GP.32 Poliklinik biasanya memiliki lebih dari 10 dokter dan beberapa juga menyediakan layanan kesehatan gigi, psikiatri, dan sejenisnya. Poliklinik menyediakan 20 persen perawatan primer, dengan fokus kuat pada manajemen penyakit kronis.

 

Sebagian besar klinik GP beroperasi sebagai praktik tunggal (termasuk yang dijalankan oleh rantai klinik), dan terutama beroperasi dengan model pembayaran fee-for-service; klinik memiliki fleksibilitas untuk menetapkan biaya sendiri. Pasien dapat memilih dokter perawatan primer di poliklinik atau di klinik GP, dan mereka biasanya dapat masuk dan dilihat pada hari yang sama tanpa perlu janji terlebih dahulu. Pasien bebas untuk berganti penyedia atau untuk dilihat oleh dua atau lebih penyedia selama periode tertentu.

 

Kementerian Kesehatan telah meluncurkan beberapa inisiatif selama bertahun-tahun untuk memanfaatkan kemampuan dan kapasitas dokter umum, termasuk Program Manajemen Penyakit Kronis, yang mencakup 20 penyakit kronis. Inisiatif lain, skema Jaringan Perawatan Primer (PCN), bertujuan untuk menjangkar manajemen penyakit kronis yang efektif dalam perawatan primer melalui organisasi dokter umum yang berpikiran sama dalam jaringan. Pada 2019, ada 10 jaringan perawatan primer dan lebih dari 350 klinik dokter umum yang berpartisipasi. Kementerian menyediakan sumber daya untuk PCN ini untuk mengelola pasien dengan kebutuhan kompleks, termasuk konselor perawat dan koordinator perawatan, pendaftar penyakit kronis, dan dukungan administratif. Sebagai imbalannya, dokter umum di PCN diharapkan untuk mematuhi persyaratan kualitas klinis yang ditetapkan.

 

Dari sisi tenaga kerja, 59 persen dokter yang terdaftar adalah nonspesialis, termasuk dokter layanan primer dan yang masih menjalani pelatihan spesialis di institusi publik. Pendapatan bulanan rata-rata kotor untuk dokter adalah SGD 13.707 (USD 10.006), sedangkan pendapatan bulanan rata-rata kotor untuk spesialis adalah SGD 20.078–23.705 (USD 14.657–17.305).

Perawatan spesialis rawat jalan: Layanan rawat jalan spesialis disediakan oleh sektor publik dan swasta dengan basis fee-for-service. Spesialis sektor publik digaji dan melihat pasien swasta dan bersubsidi di klinik rawat jalan spesialis rumah sakit umum dan pusat perawatan khusus nasional.36 Biaya untuk pasien swasta dan bersubsidi di klinik ini ditentukan oleh dan dibayarkan ke rumah sakit.

 

Rujukan poliklinik dianggap pasien bersubsidi di klinik rawat jalan spesialis, sedangkan rujukan dari dokter umum diperlakukan sebagai pasien swasta kecuali dirujuk oleh klinik yang terakreditasi oleh Community Health Assist Scheme. Pasien yang merujuk diri ke klinik rawat jalan spesialis dianggap sebagai pasien swasta. Pasien swasta dapat memilih spesialis mereka, sedangkan pasien bersubsidi memiliki spesialis yang ditugaskan kepada mereka.

Klinik spesialis swasta menerima rujukan dari dokter umum serta rujukan mandiri, dan memiliki fleksibilitas untuk menetapkan biayanya

 

Mekanisme administratif untuk pembayaran langsung pasien ke penyedia: Warga Singapura membayar di muka untuk perawatan melalui MediSave (melalui pemotongan gaji) dan MediShield Life (premi wajib).

 

Perawatan di luar jam kerja: Poliklinik tidak buka pada malam hari atau pada hari Minggu dan hari libur nasional. Namun, sejumlah besar klinik dokter umum buka pada malam hari dan pada akhir pekan dan hari libur. Tiga puluh klinik dokter umum buka 24 jam, begitu juga unit gawat darurat di rumah sakit umum dan beberapa klinik darurat di rumah sakit swasta. Ada juga penyedia telehealth yang tersedia setiap saat sepanjang hari.

 

Rumah Sakit: Pada 2017, Singapura memiliki 18 rumah sakit perawatan akut: sembilan rumah sakit umum, delapan rumah sakit nirlaba, dan satu rumah sakit Katolik nirlaba.

 

Secara total, Singapura memiliki 2,4 tempat tidur per 1.000 penduduk.37 Mayoritas pasien rumah sakit umum dirawat melalui unit gawat darurat, mencapai lebih dari 70 persen penerimaan. Masuk ke rumah sakit swasta cenderung bersifat elektif.

 

Secara hukum, rumah sakit umum adalah perusahaan korporat yang sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah.38 Sebagai pemilik, pemerintah dapat membentuk perilaku rumah sakit tanpa harus menggunakan peraturan yang memberatkan atau negosiasi pembelian.39 Hal ini memungkinkan Kementerian Kesehatan untuk menata ulang pelayanan kesehatan masyarakat sistem untuk memastikan perawatan yang terkoordinasi dengan lebih baik dan lancar (misalnya, dengan menciptakan klaster terpadu rumah sakit umum dan poliklinik).

 

Pemerintah mendanai rumah sakit umum berdasarkan kelompok yang terkait dengan diagnosis (DRG) untuk layanan rawat inap dan operasi harian dan tarif per potong untuk kunjungan rawat jalan yang tunduk pada blok keseluruhan.40 Rumah sakit umum diharuskan memenuhi pengeluaran dari pembayaran pemerintah dan biaya pasien. Rumah sakit umum diperbolehkan untuk menyimpan surplus tetapi harus memenuhi kekurangan dari cadangan mereka, kecuali ada keadaan luar biasa.

 

Pemerintah memperkenalkan rumah sakit komunitas untuk menyediakan rehabilitasi dan perawatan subakut, termasuk kepada pasien yang menderita demensia atau membutuhkan perawatan paliatif. Rumah sakit komunitas juga menyediakan layanan rawat jalan, seperti rehabilitasi harian. Ada tujuh rumah sakit komunitas pada tahun 2018, dengan hampir 1.700 tempat tidur.41 Kementerian Kesehatan membayar rumah sakit komunitas secara per-diem. Pasien yang dirawat di rumah sakit komunitas mungkin memenuhi syarat untuk perawatan bersubsidi, mulai dari 20 persen hingga 75 persen berdasarkan pendapatan rumah tangga per kapita dan status tempat tinggal mereka.

 

Perawatan kesehatan mental: Institute of Mental Health, sebuah rumah sakit umum, adalah satu-satunya rumah sakit jiwa di Singapura, dan menyediakan layanan psikiatri tersier, rehabilitatif, dan konseling akut untuk anak-anak, remaja, dewasa, dan manula. Ia memiliki kedua bangsal rawat inap, dengan lebih dari 2.000 tempat tidur, dan Klinik Rawat Jalan Spesialis di berbagai lokasi komunitas. Tim Kesehatan Jiwa Komunitas, yang terdiri dari dokter, perawat psikiatri komunitas, dan profesional kesehatan terkait, memberikan perawatan berbasis komunitas dan rehabilitasi psikososial bagi pasien setelah pulang sehingga mereka dapat terus hidup di masyarakat sambil bekerja menuju pemulihan.

 

Rumah sakit umum dan swasta lainnya juga memiliki departemen atau spesialis kedokteran psikologis yang menawarkan layanan psikiatri.

 

Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan institusi perawatan kesehatan dan profesional untuk mengimplementasikan Rencana Kesehatan Jiwa Masyarakat, yang diluncurkan pada tahun 2017. Pada awal 2019, layanan kesehatan mental atau demensia tersedia di 12 poliklinik.

 

Kementerian juga telah memperluas program Kemitraan Dokter Umum (GP) Kesehatan Mental untuk mendorong pasien dengan masalah kesehatan emosional untuk mencari pengobatan dini. Dokter dalam program ini dapat meresepkan obat psikiatri dengan biaya lebih rendah dan memiliki koordinator penghubung untuk memfasilitasi rujukan antar layanan. Pasien juga bisa mendapatkan subsidi untuk kondisi kesehatan mental.

Perawatan jangka panjang dan dukungan sosial: Ada tiga kelompok utama layanan perawatan jangka panjang.

 

Layanan berbasis pusat. Ini melayani manula yang membutuhkan layanan perawatan di siang hari secara teratur saat anggota keluarga mereka bekerja. Sampai dengan tahun 2017, terdapat 102 pusat penitipan anak, pusat penitipan anak demensia, pusat rehabilitasi siang hari, dan pusat perawatan lansia.

 

Layanan berbasis rumah. Pada 2017, ada 21 penyedia layanan medis dan perawatan di rumah, dan sembilan penyedia perawatan paliatif di rumah.43 Selain itu, tiga rumah sakit rawat inap dijalankan oleh organisasi amal.

 

Fasilitas perumahan jangka panjang. Panti jompo menyediakan berbagai layanan, termasuk perawatan medis, asuhan keperawatan, dan layanan rehabilitatif kepada penghuni yang tidak dapat dirawat di rumah. Perawatan tangguh juga tersedia di beberapa panti jompo. Pada tahun 2017, terdapat 73 panti jompo, termasuk fasilitas swasta, nirlaba, dan publik, dengan total sekitar 14.900 tempat tidur.44 Kementerian Kesehatan berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan layanan perawatan lansia di Singapura, serta pengembangan panti jompo, di bawah kerangka Build Own Lease.

 

MediSave saat ini tidak dapat digunakan untuk layanan panti jompo atau layanan berbasis rumah/pusat, tetapi penghuni dapat menggunakan ElderShield, skema asuransi perawatan jangka panjang dasar yang dirancang untuk menanggung kecacatan parah, terutama selama usia tua, di atas subsidi pemerintah hingga hingga 80 persen untuk berbagai layanan.45 Cakupan secara otomatis diperluas ke semua warga negara dan penduduk tetap dengan akun MediSave ketika mereka mencapai usia 40 tahun. Penduduk dapat memilih keluar, dan tingkat penolakan adalah 5 persen dalam beberapa tahun terakhir.46

 

ElderShield adalah skema asuransi yang didanai sebelumnya di mana premi dikumpulkan selama tahun kerja pemegang polis dan risiko dikumpulkan dalam setiap generasi. Premi tidak naik seiring bertambahnya usia, dan pemegang polis ditanggung seumur hidup. Skema ini memberikan pembayaran tunai bulanan sebesar $400 selama 72 bulan atau $300 selama 60 bulan, tergantung pada paketnya.47 Pemegang polis juga dapat membeli suplemen yang memberikan cakupan yang lebih tinggi — misalnya, pembayaran yang lebih tinggi atau durasi pembayaran yang lebih lama — dan membayar premi menggunakan cakupan MediSave mereka (hingga batas tertentu)

 

Jumlah dokter umum yang dilatih untuk mendiagnosis dan mendukung orang-orang dengan kondisi kesehatan mental meningkat dari 70 pada tahun 2012 menjadi 190 pada akhir tahun 2018. Dokter-dokter tersebut didukung oleh 20 tim intervensi komunitas yang dipimpin oleh para profesional kesehatan terkait.

 

APA STRATEGI UTAMA UNTUK MEMASTIKAN KUALITAS PERAWATAN?

Alat legislatif utama Kementerian Kesehatan untuk mengatur penyedia layanan kesehatan adalah Undang-Undang Rumah Sakit Swasta dan Klinik Medis. Fasilitas perawatan kesehatan, seperti rumah sakit, panti jompo, klinik, dan laboratorium klinis, harus mendapatkan izin sebelum dapat beroperasi. Mereka juga tunduk pada audit kepatuhan reguler dan lisensi.

 

Profesional perawatan kesehatan diatur oleh dewan profesional masing-masing, yang dibentuk sebagai badan hukum di bawah Kementerian Kesehatan. Selain itu, rumah sakit diharuskan untuk menerapkan sistem keistimewaan klinis yang memberikan dokter ruang lingkup praktik yang sesuai dengan bidang kompetensi mereka. Ada juga persyaratan tambahan untuk prosedur atau layanan khusus berisiko tinggi; dokter diwajibkan untuk mengajukan permohonan otorisasi sebelum memberikan prosedur atau layanan ini. Rumah sakit harus membentuk komite penjaminan mutu untuk memantau dan mengevaluasi keselamatan dan mutu praktik, prosedur, dan layanan mereka.

 

Kementerian membandingkan kinerja sistem Singapura dengan rekan-rekan internasional, dan melakukan survei pengalaman pasien tahunan dari lembaga perawatan kesehatan masyarakat. Beberapa institusi perawatan kesehatan telah secara sukarela melakukan akreditasi eksternal, seperti yang diberikan oleh Joint Commission International.

 

Di bawah Program Manajemen Penyakit Kronis, klinik perawatan primer dan institusi medis yang berpartisipasi diharapkan memberikan perawatan sesuai dengan pedoman praktik klinis terbaru atau praktik berbasis bukti terbaik yang tersedia, serta melacak data klinis untuk memantau hasil.48 Partisipasi adalah prasyarat untuk bergabung dengan Skema Bantuan Kesehatan Masyarakat.

 

APA YANG DILAKUKAN UNTUK MENGURANGI DISPARITAS?

Di rumah sakit umum, perawatan diberikan berdasarkan kondisi klinis pasien, bukan status subsidi mereka. Ketika obat atau perawatan nonsubsidi dianggap diperlukan secara klinis dan tidak dapat digantikan oleh alternatif bersubsidi, pasien yang membutuhkan menerima bantuan (seperti melalui MediFund) dalam mengakses obat atau perawatan ini.

 

Singapura juga telah mengadopsi sistem biaya yang berbeda, berdasarkan kemampuan pasien dan keluarganya untuk membayar. Uji cara digunakan, tetapi bahkan pasien berpenghasilan lebih tinggi menerima subsidi ketika mereka mengakses layanan bersubsidi (walaupun mereka membayar lebih dari pasien berpenghasilan rendah). Misalnya, pasien berpenghasilan tinggi yang memilih untuk tinggal di bangsal rumah sakit kelas C bersubsidi akan menerima subsidi hingga 65 persen sementara pasien berpenghasilan rendah di bangsal ini menerima subsidi hingga 80 persen. Hampir semua layanan yang didanai pemerintah, dari perawatan akut hingga perawatan jangka panjang, memiliki biaya yang berbeda, kecuali untuk layanan poliklinik dan layanan kecelakaan dan darurat.

Pemerintah juga telah memperkenalkan skema untuk membantu kelompok tertentu warga Singapura:

·         Paket Generasi Perintis, menghormati lansia50 yang berkontribusi pada pembangunan bangsa Singapura tetapi tidak mungkin mengumpulkan cukup uang di akun MediSave mereka untuk mendukung kebutuhan kesehatan pensiun, karena MediSave diperkenalkan di akhir kehidupan kerja mereka. Perintis menerima subsidi perawatan rawat jalan tambahan, pengisian ulang MediSave tahunan (hingga $800), dan subsidi premi MediShield Life (hingga 60%).51

·         Paket Generasi Merdeka, yang mengakui warga Singapura yang meletakkan dasar bagi Singapura yang mandiri.52 Manfaatnya termasuk top-up MediSave sebesar $200 per tahun selama lima tahun mulai tahun 2018. Senior Generasi Merdeka juga menerima subsidi tambahan untuk perawatan rawat jalan di klinik tertentu, serta subsidi tambahan sebesar 5 persen untuk premi MediShield Life tahunan mereka yang meningkat menjadi 10 persen pada usia 75 tahun.

 

APA YANG SEDANG DILAKUKAN UNTUK MEMPROMOSIKAN INTEGRASI SISTEM PENGIRIMAN DAN KOORDINASI PERAWATAN?

Pada tahun 2018, Kementerian Kesehatan membentuk tiga klaster terpadu yang disusun berdasarkan wilayah geografis dan terdiri dari institusi sektor publik mulai dari rumah sakit akut hingga poliklinik. Setiap klaster diharapkan untuk mengembangkan dan memperkuat kemitraan dengan dokter umum dan mitra komunitas lainnya di seluruh rangkaian perawatan untuk memungkinkan transisi perawatan yang mulus dan juga untuk menjangkar perawatan lebih kuat di lingkungan primer dan komunitas.

 

Cluster telah memulai beberapa program, mulai dari kesehatan preventif dan penyakit kronis hingga merawat pasien yang lemah. Cluster juga bekerja sama dengan sosial dan lembaga terkait lainnya untuk mendukung penduduk yang memiliki berbagai kombinasi kebutuhan kesehatan dan sosial serta untuk mengatasi determinan sosial kesehatan. Sementara orang tua tetap menjadi area fokus utama, kelompok telah mengadopsi pendekatan perjalanan hidup dan secara progresif menangani kelompok usia lainnya juga.

 

Selain memastikan integrasi sistem yang lebih baik, reorganisasi penyedia berusaha untuk memperoleh skala ekonomi yang lebih besar, untuk memfasilitasi peningkatan program dan layanan, dan untuk memanfaatkan sumber daya dan bakat tenaga kerja yang lebih besar.

 

BAGAIMANA STATUS REKAM KESEHATAN ELEKTRONIK?

Sejak 2011, catatan kesehatan elektronik nasional (EHR) Singapura telah secara progresif disebarkan ke institusi perawatan kesehatan publik dan swasta untuk mendukung tujuan “Satu Pasien, Satu Rekam Kesehatan.” EHR nasional dimiliki oleh Kementerian Kesehatan dan dikelola oleh Pelayanan Informasi Kesehatan Terpadu. Sistem yang aman mengumpulkan ringkasan catatan kesehatan pasien dari penyedia layanan kesehatan yang berbeda, dan profesional perawatan kesehatan yang berwenang dapat mengakses EHR untuk memiliki pandangan holistik dan longitudinal dari riwayat perawatan kesehatan pasien.54 Pada 2019, lebih dari 1.300 institusi perawatan kesehatan berpartisipasi dalam EHR nasional.

 

Warga Singapura dan penduduk tetap dapat mengakses beberapa catatan kesehatan mereka melalui HealthHub, portal kesehatan terpadu nasional. Mereka juga dapat melacak dan mengelola janji medis mereka, meminta isi ulang atau perpanjangan obat, dan melihat tagihan dan melakukan pembayaran di rumah sakit umum tertentu, pusat nasional, dan poliklinik.

 

BAGAIMANA BIAYA TERKANDUNG?

Ciri pasar perawatan kesehatan Singapura adalah kontrol dan pengawasan pemerintah yang kuat.57 Kontrol sisi permintaan dan penawaran mendorong pasien dan penyedia layanan untuk bersikap bijaksana dan sadar biaya dalam penggunaan layanan perawatan kesehatan.58 Selain itu, peran sektor publik sebagai penyedia layanan kesehatan yang dominan menetapkan tolok ukur untuk sektor swasta, serta etos seluruh sistem kesehatan yang tidak menekankan maksimalisasi keuntungan.59,60 Penyedia layanan swasta perlu memastikan bahwa mereka tidak membuat harga diri mereka keluar dari pasar di mana layanan sektor publik tersedia, dan karena itu menawarkan harga dan kualitas yang wajar.

 

Korporatisasi rumah sakit umum telah memperkenalkan sistem akuntansi komersial, yang memberikan gambaran yang lebih akurat tentang biaya operasi dan menanamkan disiplin dan akuntabilitas keuangan yang lebih besar. Dalam penetapan biaya dan pendanaan rumah sakit, penyusutan peralatan dan biaya aset tetap lainnya dicatat dan diperhitungkan dalam anggaran tahunan dan, pada gilirannya, biaya pasien dan pendanaan pemerintah.

 

Kementerian Kesehatan juga memantau dengan cermat rasio pemulihan biaya untuk berbagai jenis layanan untuk memastikan bahwa pendapatan keseluruhan rumah sakit umum tidak berlebihan. Biaya dan tingkat pendanaan ditetapkan melalui latihan penetapan biaya yang terperinci. Jumlah pendanaan kemudian ditingkatkan setiap tahun, dengan mempertimbangkan volume dan pertumbuhan biaya, tetapi sengaja ditetapkan lebih rendah dari tren aktual. Proses ini memaksa rumah sakit untuk disiplin dalam pengeluaran mereka, karena mereka memiliki kemampuan terbatas untuk membebankan biaya lebih kepada pasien untuk menutupi kekurangan apapun.

 

Kementerian Kesehatan mendorong penggunaan obat yang tepat melalui pemberian subsidi obat esensial. Pasien hanya membayar sedikit untuk obat yang relevan secara klinis dan hemat biaya pada daftar obat standar. Subsidi juga tersedia untuk daftar obat yang lebih mahal dan tidak standar di bawah Dana Bantuan Obat. Pasien yang menerima obat ini harus memenuhi kriteria klinis yang telah ditentukan. Skema Dana Bantuan Obat diperluas pada tahun 2012 untuk memungkinkan setiap lembaga menentukan, melalui seperangkat pedoman khusus dan mekanisme tinjauan sejawat, apakah obat yang tidak standar harus disubsidi oleh dana tersebut.

 

Kementerian Kesehatan menerbitkan riwayat rumah sakit umum dan swasta tentang jumlah tagihan rumah sakit yang ditransaksikan dan biaya operasi untuk mendorong konsumen agar sadar harga dan untuk merangsang persaingan harga di antara penyedia. Pada akhir 2018, kementerian juga mulai menetapkan tolok ukur biaya untuk profesional kesehatan sektor swasta, dengan masukan dari komite independen yang mencakup perwakilan dari komunitas medis, penyedia, pasien, dan pembayar. Ditujukan untuk membantu publik menilai kewajaran biaya penyedia, tolok ukur akan ditinjau dan diperbarui secara berkala, dengan mengacu pada data historis. Dokter tidak dilarang mengenakan biaya yang lebih rendah atau lebih tinggi.63

 

Inisiatif pengendalian biaya lainnya termasuk penggunaan teknologi untuk meningkatkan produktivitas, dan penggunaan pengadaan pembelian kelompok untuk mendapatkan harga yang lebih baik. Profesional rantai pasokan dari tiga klaster layanan kesehatan masyarakat memanfaatkan sinergi mereka dalam memenuhi kebutuhan rantai pasokan dan pengadaan. Rumah sakit umum juga mengembangkan model perawatan mereka untuk membantu warga Singapura menerima perawatan di tempat yang paling tepat.

 

 

APA INOVASI DAN REFORMASI BESAR YANG BARU-BARU INI DIPERKENALKAN?

Pada akhir tahun 2017, Kementerian Kesehatan meluncurkan strategi Beyond Healthcare 2020 untuk meningkatkan kepedulian kepada masyarakat, mendorong promosi kesehatan, dan memastikan nilai.64

 

Pada tahun 2018, kementerian meluncurkan Program Eksperimen dan Adaptasi Perizinan, “kotak pasir” peraturan untuk mengidentifikasi dan memahami inovasi perawatan kesehatan baru, seperti telemedicine dan kedokteran seluler, melalui kemitraan industri. Program ini berupaya mengembangkan pendekatan regulasi yang tepat untuk memfasilitasi inovasi tersebut sambil memprioritaskan keselamatan dan kesejahteraan pasien.65

 

Untuk memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap biaya perawatan jangka panjang, kementerian akan meluncurkan CareShield Life pada tahun 2020 untuk menggantikan ElderShield. Skema baru ini akan memiliki pembayaran tunai yang lebih tinggi, mulai dari SGD 600 (USD 438) dan meningkat seiring waktu. Tidak ada batasan pembayaran selama pemegang polis tetap cacat berat.66 CareShield Life akan menjadi wajib bagi warga negara dan penduduk tetap yang lahir pada atau setelah tahun 1980. Selain itu, penyandang disabilitas berat dapat menarik dana hingga SGD 2.400 (USD 1.752) per tahun, atau SGD 200 (USD 146) per bulan, dari akun MediSave mereka sendiri dan pasangan untuk kebutuhan perawatan jangka panjang mereka, setelah menyisihkan jumlah minimum untuk kebutuhan perawatan kesehatan lainnya.

 

Kementerian Kesehatan juga akan meluncurkan ElderFund pada tahun 2020, untuk memberikan bantuan tambahan, hingga SGD 250 (USD 183) per bulan, bagi warga yang cacat dan membutuhkan yang membutuhkan bantuan lebih lanjut dengan biaya perawatan jangka panjang mereka.

 

Selain itu, kementerian dan rumah sakit umum sedang mengerjakan hasil yang didorong oleh nilai dengan pembandingan antar dan intra-rumah sakit untuk meminimalkan variasi yang tidak perlu dan untuk mendorong penerapan praktik terbaik. Kementerian juga telah mulai menggabungkan pembayaran untuk memfasilitasi transformasi perawatan dan efisiensi penghargaan. Dan telah menerapkan kerangka kerja bayar-untuk-kinerja untuk memberi penghargaan kepada tiga kelompok perawatan kesehatan masyarakat yang berhasil dengan baik pada prioritas utama, seperti mengurangi infeksi yang didapat di rumah sakit, mengelola lama tinggal, dan meminimalkan waktu tunggu untuk janji spesialis.

No comments:

Post a Comment

Diet Sehat

10 TIPS DIET SEHAT  Menonton apa yang Anda makan adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit jantung da...